7 CARA MEMBUAT WEB DESAIN DENGAN MUDAH

layout websiteDesain website adalah salah satu yang terpenting untuk menarik perhatian para pengunjung web. Semakin bagus website, maka pengunjung juga akan semakin tertarik untuk terus mengunjunginya. Sebaliknya, jika desain web yang anda miliki kurang bagus, kemungkinan besar pengunjung tidak akan berlama-lama membuka web tersebut. Jika anda menggunakan website tersebut sebagia media komersial, seperti berjualan online, maka hal ini akan merugikan anda. Tentunya akan berpengaruh juga pada efek penjualan produk.

Cara membuat web desain

Agar hal merugikan tidak terjadi, anda harus mengerti dan mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam membuat desain sebuah website. Berikut penjelasannya.

1.             Membuat sketsa

Seperti anda akan membuat desain sesuatu di kertas, maka langkah awal yang harus and alakukan adalah membuat sketsanya. Begitu pula dengan website. buatlah sketsa homepage terlebih dahulu di atas kertas. Hal ini bertujuan agar anda mendapatkan gambaran saat homepage sudah selesai. Tidak hanya itu, anda juga perlu mendesain letaknya seperti apa. Dengan membuat sketsa seperti ini, maka anda akan sangat terbantu saat melakukan desain website yang anda miliki sehingga diharapkan website anda juga dapat bersaing dengan bagus.

2.             Layout desain

Selain membuat sketsa desain, langkah kedua yang perlu anda lakukan adalah membuat layout desain. Dalam hal ini, anda dapat memanfaatkan Adobe Photoshope, Macromedia Fireworks, Adobe Illustrator, dan juga Macromedia Freehand. Aplikasi tersebut berguna untuk memperhalus sketsa yang anda buat. Tidak hanya itu, file gambar yang berukuran cukup besar juga perlu dipecah untuk menghindari kelambatan akses web.

3.             Animasi

Selain dua langkah yang disebutkan di atas, selanjutnya adalah membuat animasi. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan Macromedia Flash dan juga Gif Construction untuk menambah nilai pada website anda. Dengan demikian, hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri terhadap para pengunjung.

4.             HTML

Cara membuat web desain selanjutnya adalah dengan membuat HTML. Hal ini meliputi proses edit script HTML, serta membuat layout dalam format HTML. Anda bisa menggunakan HTML layaknya Microsoft Frontpage, Allaire Homesite, Macromedia Dreamweaver, dll. Peletakan gambar dan tombol-tombol pada website harus ditata dengan sempurna agar website berkualitas.

5.             Programming & Script

Langkah selanjutnya yaitu programming dan script. Hal ini dapat dibuat dengan ASP, CGI, Visual Basic, Java Script, PHP, Borland Delphy, dll. Selain itu, programming dan scripst ini juga berguna untuk pembuatan backgroud animasi, teks animasi, dll. Halaman website yang anda miliki juga akan lebih menarik dan mampu bersaing dalam dunia website.

6.             Upload HTML

Langkah selanjutnya yaitu upload HTML. Hal ini bertujuan agar website anda dapat diakses oleh semua orang. Dalam hal ini anda juga memerlukan hosting.

7.             Memilih hosting

Langkah terakhir dalam membuat web desain adalah memilih hosting. Hal ini menjadi tempat upload website. Hosting ada yang jenis berbayar dan ada pula yang tak berbayar/ gratis. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus anda perhatikan dengan baik.

Itulah langkah-langkah dalam membuat web desain. Anda bisa mempraktekkannya untuk web yang anda miliki.