Estimasi Biaya Pembuatan Website Dengan Jasa ataupun Sendiri

biaya websiteEstimasi biaya pembuatan website umumnya berbeda-beda termasuk membuat website dengan menggunakan jasa pembuatan website atau melakukannya sendiri. Dengan adanya website ini memang membantu banyak orang terutama bagi internet marketer. Hal ini tak lepas dari tidak ada batasannya dalam menggunakan Internet. Bagi sebagian orang estimasi pembuatan website sangatlah membingungkan karena mereka akan membayar secara terpisah seperti domain dan web hosting.

 

Untuk itu, anda harus membaca ulasan berikut ini untuk menghitung estimasi biaya pembuatan website sehingga jauh-jauh hari anda dapat mempersiapkan hingga website yang anda inginkan dapat terselesaikan dengan baik.

 

  1. Biaya Pembuatan Website dengan Jasa

 

Memanfaatkan jasa pembuatan website sangatlah memudahkan anda dalam menghitung estimasi biaya pembuatan website. Hal ini dikarena mereka akan langsung memasukkan seluruh biaya yang harus anda tanggung ke dalam paket-paket tertentu yang sudah meliputi nama domain, hosting dan lain sebagainya.

 

Harga domain berbeda-beda satu sama lain. Pada umumnya, biaya domain berkisar ratusan ribu mulai dari 150 hingga 400 ribuan yang bisa dibayarkan tahunan ataupun bulanan. Sedangkan untuk harga web hosting berkisar antara puluhan ribu saja yang akan dibayarkan per tahun.

 

Menggunakan jasa pembuatan website juga akan memudahkan anda karena tidak perlu repot-repot memikirkan desain website dan anda perlu menyediakan dana sejumlah berapa dan menunggu proses pembuatan desain selesain.

 

Tak hanya mengeluarkan biaya nama domain dan web hosting ketika anda memutuskan untuk menggunakan jasa pembutan website, namun anda juga akan membayarkan beberapa fasilitas-fasilitas dari agen seperti pemeliharaan dan support yang jumlahnya bisa berkisar jutaan hingga belasan juta.

 

  1. Biaya Pembuatan Website Sendiri

 

Estimasi biaya pembuatan website dengan cara sendiri mungkin menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang memiliki dana yang minim. Anda dapat membeli nama domain dan hosting yang digunakan untuk menyimpan data untuk website anda. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli nama domain bervariasi untuk nama domain .com, anda harus mengeluarkan Rp 150.000,00 dan hingga domain .com yang harganya sekitar Rp 450.000,00 yang bisa dibayarkan per tahun.

 

Untuk anda yang merupakan pemula dalam membuat website, sebaiknya memilih ekstensi nama domain .com saja.

 

Sedangkan estimasi biaya hosting yang harus anda keluarkan sekitar Rp 10.000,00 hingga lebih dari Rp 50.000,00 tergantung berapa banyak penyimpanan yang anda butuhkan untuk website. Belum lagi, jika anda memutuskan untuk membeli desain website. Desain Website premium memang akan membuat tampilan website anda jauh lebih menarik, Namun, jika anda merupakan pemula, menggunakan fitur desain gratis dari CMS yang anda pilih lebih tepat.

 

Itulah estimasi biaya pembuatan website. Apapun pilihan yang anda pilih, akan lebih baik jika disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Bila anda akan menggunakan website sebagai bisnis online, menggunakan jasa pembuatan website jauh lebih membantu.