TUTORIAL CARA MEMBUAT WEBSITE DENGAN MUDAH

domain hostingWebsite memiliki banyak kegunaan, terlebih di zaman yang sudah semakin maju ini. Membangun sebuah website adalah hal yang menantang baik anda masih pemula maupun sudah expert. Sebelum membuat website, anda terlebih dahulu harus mengetahui dan memikirkan tujuan anda membuat website serta bagaimana cara membangunnya agar web tersebut bagus dan menarik. Bagi anda pebisnis online, keberadaan website tentu sangat penting. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan. Website yang sederhana sekalipun namun dioptimalkan dengan baik, maka penjualan juga bisa opimal.

Cara membuat website

Sebelum membuat website, anda harus mengenal dua istilah yaitu domain dan hosting karena keduanya adalah elemen pembentuk website. Jika dianalogikan, website adalah bangunan rumah, hosting sebagai tanahnya, dan domain adalah alat rumahnya. Dengan demikian, antara website, domain, dan hosting tidak dapat dipisahkan. Selanjutnya, tutorial cara  membuat website adalah sebagai berikut.

1.             Nama domain dan hosting

Langkah pertama yaitu tentukan nama domain dan hosting website anda. Menentukan nama  domain bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam menentukannya yaitu; nama harus berkesan, singkat, memiliki eksistensi yang tepat, mudah dibaca, tidak terdapat simbol, bersifat deskriptif, bisa dengan menggabungkan nama merek/perusahaan dan jenis usaha yang anda jalani, kata kunci harus sesuai target. Jika semuanya itu anda lakukan dengan baik, maka nama domain yang anda pilih nantinya akan bagus.

Pemilihan domain dan hosting ini bisa dilakukan berbayar dan ada pula yang gratis. Jika anda bingung harus memilih yang seperti apa, anda bisa mempertimbangkan beberapa hal yaitu; kebutuhan hosting, jenis website yang akan anda bangun seperti apa, lokasi server, tidak mudah terjebak dengan istilah unlimited, lebih mengutamakan domain “.com” .

2.             Instal WordPress

Langkah selanjutnya yaitu dengan instal WordPress. Pemula mungkin bingung langkah apa yang harus dilakukan setelah daftar domain dan hosting. Ketika hosting anda sudah aktif, maka anda akan mendapat aktivasi email. Di dalam email aktivasi tersebut ada beberapa info penting yang perlu anda perhatikan yaitu; username, password cPanel, alamat IP server, serta petunjuk lainnya terkait hosting. Setelah anda membaca email, anda bisa login ke cPanel hosting dengan memasukkan username dan password. Banyak kegunaan dari cPanel ini.

cPanel adalah jenis aplikasi yang banyak digunakan pada website. Website WordPress ini bisa dibuat dengan mudah pada hosting anda. Anda terlebih dahulu instal aplikasi auto installer dimana jenis aplikasi ini juga sudah terdapat di dalam cPanel. Jenis auto installer seperti Fantastico de Luxe, Softaculous, QuickInstall. Selanjutnya, untuk menginstal WordPress sesuai dengan jenis aplikasi yang anda pilih.

3.             Setting website

Langkah terakhir, anda bisa setting website. Anda juga bisa memulai upload konten seperti artike, gambar, profil usaha, dll.  

Itulah tutorial cara membuat website yang bisa anda praktekkan, utamanya bagi anda yang msih pemula. Semoga bermanfaat.